Selasa, 03 April 2012

Kawah Putih.

Dari rangkaian objek wisata yang terdapat di kawasan hutan pegunungan Ciwidey tapatnya Ranca Bali, kabupaten Bandung, Kawah Putih adalah yang pertama akan anda lewati apabila anda melakukan perjalanan dari kota Bandung. Kawah putih memberikan pesona pemandangan yang indah dan khas, tidak mengherankan apabila tempat ini juga sering digunakan untuk tempat berfoto, baik amatir maupun profesional untuk untuk keperluan foto pre-wedding / pernikahan atau keperluan lainny.

Jarak dari pintu masuk sampai dengan kawah sekitar 5 Km atau 15 menit menggunakan kendaraan roda empat. Anda dapat menggunakan kendararaan umum disebut untang anting yang disediakan oleh pengelola tempat wisat dengan tarif Rp. 10.000 PP / Orang, atau membawa kendaraan sendiri sampai ke bibir kawah. Untuk mobil yang ingin langsung masuk sampai ke kawah tersebut dikenakan biaya Rp. 150.000 / kendaraan belum termasuk tiket masuk sebesar Rp. 25.000 / orangnya.

Jalan menuju kawah cukup sempit dan menanjak terjal, anda harus berhati-hati apabila berpapasan dengan kendaraan lain karena jalan hanya cukup untuk satu mobil saja sehingga harus menepi ke bibir jalan, juga kendaraan untang-anting yang ada kadang menjalankan kendaraan dengan kecepatan cukup tinggi sehingga berbahaya. Saran kami anda cukup memarkir kendaraan di area parkir yang ada di pintu masuk dan menggunakan fasilitas kendaraan umum untang-anting yang ada. Namun semua itu dikembalikan kepada anda tentunya.

Memasuku kawasan kawah putih anda akan menuruni beberapa anak tangga menuju kawah, perlu diperhatikan bahwa kadar belerang di kawah ini cukup tinggi sehingga terkadang cukup membuat anda merasa tidak nyaman saat bernafas, sebaiknya bawalah menutup hidung / syal atau saputangan, atau anda bisa membeli alat penutup hudung yang banyak dijajakan oleh pedagang asongan dengan harga sekitar Rp. 5.000.

Keunikan kawh putih yang terkenal ialah kawahnya bisa beganti-ganti warna sesuai dengan kadar belerang yang ada di dalam air kawah, dari putih, kehijauan sampai dengan coklat. Warna kawah juga kadang mempengaruhi warna tebing batu yang ada di depannya karena pengaruh refraksi cahaya, warna-warna ini sangat indah untuk diabadikan dalam sebuah foto.

Transportasi & Akomodasi.

Kawah putih berjarak sekitar 44 Km dari pusat kota Bandung, lihat peta rute jalan Bandung menuju Kawah putih mungkin bisa membantu anda. Apabila anda ingin menggunakan kendaraan umum, anda harus menuju terminal Ciwidey menggunakan Bus atau Elf dari terminal Leuwi Panjang dengan tarif sekitar Rp. 6.000, kemudian dilanjutkan menggunakan angkot langsung ke Kawah putih (banyak terdapat di terminal Ciwidey) dengan tarif sekitar Rp.5.000.

Untuk menuju kota Bandung saat ini sudah dapat ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang dari Jakarta, Bali, Medan atau bahkan dari Kuala Lumpur Malaysia dan Singapura. Silahkan cari tiketnya di sini.

Terdapat beberapa hotel yang cukup memadai di sekitar Kawah putih dan Ciwidey seperti Sindang Reret, Bungalow Kampoeng Strawberry dan penginapan lainnya. Untuk fasilitas yang lebih lengkap, anda bisa mencarinya di kota Bandung. Kami menyarankan anda untuk terlebih dahulu mencari & membooking hotel yang anda inginkan beberapa hari sebelum keberangkatan, anda bisa mencarinya di sini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar